Rabu, 17 April 2024

Sejarah Universitas Pancasakti Makassar

Kampus Universitas Pancasakti, di Jalan Andi Mangerangi, No. 73, Makassar.

------- 


Sejarah Universitas Pancasakti Makassar

 

Universitas Pancasakti (Unpacti) Makasssar yang bernaung di bawah Yayasan Al-Aqshan Makassar ini berlokasi di Jl. Andi Mangerangi, No. 73, Makassar.

Pada tanggal 11 Agustus 1987, Universitas Pancasakti Makassar secara resmi memulai kegiatan akademik berdasarkan izin operasional Kopertis IX, Nomor 563, Tanggal 11 Agustus 1987. Pada Tahun 1990, Universitas Pancasakti Makassar memperoleh status terdaftar dengan Nomor: 098/0/1990, tanggal 07 Februari 1990.

Di awal berdirinya, Universitas Pancasakti Makassar memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA), Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip), Fakultas Pertanian (Faktan), serta Fakultas Ekonomi (Fekon).

Setelah 15 tahun beroperasi, jumlah fakultas bertambah menjadi 5 (lima), dengan pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Selanjutnya, pada tahun 2009, jumlah fakultas bertambah lagi dengan pendirian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Dalam perjalanannya Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi ditutup disebabkan kurangnya animo mahasiswa terhadap kedua fakultas tersebut.

Universitas Pancasakti Makassar saat ini memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA), Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) mengelola dua program studi, yaitu Program Studi (S1) Farmasi, dan Program Studi (S1) Ilmu Komputer.

Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip) mengelola dua program studi yaitu Program Studi (S1) Ilmu Pemerintahan, serta Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi.

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) mengelola satu program studi, yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengelola dua program studi, yaitu Program Studi (S1) Pendidikan Fisika, dan Program Studi (S1) Pendidikan Bahasa Indonesia.

Selain ke-7 program studi sarjana (S1) tersebut, juga ada Program Studi Magister (S2) Ilmu Pemerintahan, Program Pascasarjana (PPs).

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar